Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013
26 June 2019
Tabel. Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian
|
Contoh
Indikator
|
Sikap Spiritual
|
· Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
· Menjalankan
ibadah tepat waktu.
· Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
· Bersyukur
atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
· Mensyukuri
kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
· Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
· Berserah
diri (tawakal) kepada
Tuhan setelah berikhtiar atau
melakukan usaha.
· Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
· Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
· Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
· Menghormati
orang lain menjalankan ibadah sesuaidengan agamanya.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianut
|
|
Sikap sosial
|
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
· Tidak menjadi
plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
· Mengungkapkan
perasaan apa adanya
· Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan
· Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
· Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
1. Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan, dan pekerjaan.
|
|
2.
Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib
dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
· Datang tepat
waktu
· Patuh pada
tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
· Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
· Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
|
3.
Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa
|
· Melaksanakan
tugas individu dengan baik
· Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
· Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
· Mengembalikan
barang yang dipinjam
· Mengakui dan
meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
· Menepati janji
· Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan
tindakan kita sendiri
· Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
4.
Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang menghargai
keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
·
Tidak mengganggu teman yang
berbeda pendapat
·
Menerima kesepakatan meskipun
berbeda dengan pendapatnya
·
Dapat menerima kekurangan orang
lain
·
Dapat mememaafkan kesalahan
orang lain
·
Mampu dan mau bekerja sama
dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan
keyakinan
·
Tidak memaksakan pendapat atau
keyakinan diri pada orang lain
·
Kesediaan untuk belajar
dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan
orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·
Terbuka terhadap atau kesediaan
untuk menerima sesuatu yang baru
|
5.
Gotongroyong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain
untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong
secara ikhlas.
|
·
Terlibat aktif dalam bekerja
bakti membersihkan kelas atau sekolah
·
Kesediaan melakukan tugas
sesuai kesepakatan
·
Bersedia membantu orang lain
tanpa mengharap imbalan
·
Aktif dalam kerja kelompok
·
Memusatkan perhatian pada
tujuan kelompok
·
Tidak mendahulukan kepentingan
pribadi
·
Mencari jalan untuk mengatasi
perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
·
Mendorong orang lain untuk
bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
|
6.
Santun
atau sopan
adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam
berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap
baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu
yang lain.
|
·
Menghormati orang yang lebih
tua.
·
Tidak meludah di sembarang
tempat.
·
Tidak menyela pembicaraan pada
waktu yang tidak tepat
·
Mengucapkan terima kasih
setelah menerima bantuan orang lain
·
Bersikap 3S (salam, senyum,
sapa)
·
Meminta ijin ketika akan
memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
·
Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri
sendiri ingin diperlakukan
|
7.
Percayadiri
adalah kondisi mental atau psikologis seseorang
yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak
|
·
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa ragu-ragu.
·
Mampu membuat keputusan dengan
cepat
·
Tidak mudah putus asa
·
Tidak canggung dalam bertindak
·
Berani presentasi di depan
kelas
·
Berani berpendapat, bertanya,
atau menjawab pertanyaan
|
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak
melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur
atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek
pengamatan
Tidak = apabila peserta
didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata
tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata
pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban
TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :