CONTOH PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN FISIKA
26 June 2019
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas :
X (Sepuluh)
Semester :
Ganjil dan Genap
Kompetensi Inti :
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek/Ranah
|
||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotorik)
|
|||
1
|
3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan
perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di
laboratorium
|
· Mengamati
tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mengamati
tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mengamati
tentang prosedur ilmiah,
· Mengamati
tentang keselamatan kerja di laboratorium
· Mengamati
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di
laboratorium
· Mendiskusikantentang
fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan
tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mendiskusikan
tentangprosedur ilmiah
· Mendiskusikan
tentangkeselamatan kerja di laboratorium
· Mendiskusikan
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di
laboratorium
· MenyimpulkantentangfenomenaFisikadalamkehidupansehari-hari
· Menyimpulkan
tentang ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain
· Menyimpulkan
tentang prosedur ilmiah
· Menyimpulkan
tentang keselamatan kerja di laboratorium
· Menyimpulkantentangprosedurilmiahdalamhubungannyadengankeselamatankerja
di laboratorium
|
|||
2
|
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan
keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
|
· MempresentasikantentangpemanfaatanFisikadalamkehidupansehari-hari,
metodeilmiahdankeselamatankerjaketikamelakukankegiatanpengukuranbesaran
Fisika
|
|||
3
|
3.2. Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran
besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah
|
· Mengamati
pembuatan daftar (tabel) nama besaran,
alat ukur, cara mengukur
· Membuat
daftar (tabel) nama besaran, nama alat
ukur, dan cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu,
termasuk yang berlaku di daerah
setempat
· Menyebutkan
beberapa alat ukur panjang, alat ukur massa dan alat ukur waktu
· Menggunakan
alat ukur panajang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu
· Menemukan
cara membaca skala, dan menuliskan hasil pengukuran
· Mendiskusikan
prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan angka penting), cara
menggunakan alat ukur, cara membaca skala, cara menuliskan hasil pengukuran
· Menyimpulkan
aspek ketelitian, menerapkan aspek ketepatan, dan melaksanakan aspek
keselamatan kerja, serta memaksimalkan aspek alat yang digunakan dalam
mengukur
· Mengukur
masa jenis kelereng (pengukuran dilakukan satu kali) dan batu kerikil
(dilakukan berulang dengan ukuran beda dan jenis yang sama) secara
berkelompok
· Melaksanakan
pengukuran dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan
pengukuran dengan menggunakan gelas ukur
|
|||
4
|
4.2. Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis
berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat
serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah
|
· Mengolah
data hasil pengukuran berulang
· Mengolah
data hasil pengukuran dalam bentuk penyajian data, membuat grafik,
menginterpretasi data dan grafik, dan menentukan ketelitian pengukuran, serta
menyimpulkan hasil interpretasi data
· Menyajikan
hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
· Menginterpretasi
data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
· Menyimpulkan
hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja
· Membuat
laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pengukuran
|
|||
5
|
3.3. Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
sebidang (misalnya perpindahan)
|
· Mengamati
dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda
· Menggambar
vektor
· Melakukan
percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya).
· Menggambar
resultan vector
· Menjelaskan
komponen vektor
· menghitung
besar vector
· Menggambar
arah resultan vector
· Menjelaskan cara menghitung besar dan arah dua buah
vektor
· Melakukan
percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
· Menerapkan
operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
· Mengolah
tentang berbagai operasi vektor
· Mempresentasikan
contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
6
|
4.3. Merancang percobaan untuk menentukan
resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan
makna fisisnya
|
· Mengolah
data hasil pengukuran berulang
· Menyajikan
hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
· Menginterpretasi
data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
· Menyimpulkan
hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja\
· Mempersiapkan
peralatan dan urutan kerja
· Menggambar
vector, arah vector, komponen vector, dan menghitung besar vector
· Mencatat
hasil percobaan untuk menentukan resultan vektor
· Menyimpulkan
dan mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan resultan vector
· Mempresentasikan
rancangan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang beserta makna
fisisnya
|
|||
7
|
3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada
gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan
percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
misalnya keselamatan lalu lintas
|
· Mengamati
dengan seksama demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
· Membedakan
gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
· Mendiskusikan
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap
· Menjelaskan
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan
percepatan konstan
· Melakukan
percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dengan menggunakan kereta atau
mobil mainan.
· Melakukan
percobaan gerak lurus dengan percepatan konstan dengan menggunakan troly.
· Melakukan
percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan tetap menggunakan
kereta misalnya mobil mainan, troly
· Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
· Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
· Menganalisis
besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
|
|||
8
|
4.4 Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
|
· Mengolah
data hasil pengukuran berulang
· Menyajikan
hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
· Menginterpretasi
data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
· Menyimpulkan
hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja
· Mencatat
data yang diperoleh dari percobaan percobaan gerak lurus dengan kecepatan
konstan dengan menggunakan kereta atau mobil mainan
· Mencatat
data yang diperoleh dari percobaan gerak lurus dengan percepatan konstan
dengan menggunakan troly.
· Menyimpulkan
data hasil percobaan
· Mempresentasikan
hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak
lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
|
|||
9
|
3.5. Menganalisis gerak parabola dengan
menggunakan vektor, berikut makna fisisnya
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
simulasi ilustrasi/demonstrasi/video gerak parabola yang aktual dijumpai di
kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan
vektor posisi, kecepatan gerak dua dimensi pada gerak parabola, hubungan
posisi dengan kecepatan pada gerak parabola
· Menganalisis
besaran perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus dengan
menggunakan vektor.
· Menganalisis
besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan
vektor.
· Menganalisis
besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan
vektor tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
· Menganalisis
dan memprediksi posisi dan kecepatan pada titik tertentu berdasarkan
pengolahan data percobaan gerak parabola.
|
|||
10
|
4.5. Mempresentasikan data hasil percobaan
gerak parabola dan makna fisisnya
|
· Menyajikan
hasil pengolahan dan anlisan data hasil percobaan tentang besaran perpindahan, kecepatan, dan
percepatan pada gerak lurus dengan menggunakan vektor.
· Menyajikan
hasil pengolahan dan anlisan data hasil percobaan tentang besaran kecepatan dan percepatan
pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor.
· Menyajikan
hasil pengolahan dan anlisan data hasil percobaan tentang besaran perpindahan dan kecepatan
pada gerak parabola dengan menggunakan vektor tangensial dan percepatan
sentripetal pada gerak melingkar
· Mempresentasikan
hasil kegiatan diskusi kelompok tentang penyelesaian masalah gerak parabola
|
|||
11
|
3.6. Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Mengidentifikasi
besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat
pada gerak melingkar dengan laju konstan.
· Menemukan
besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut,
percepatan, dan gaya sentripetal pada gerak melingkar melalui tayangan film,
animasi, atau sketsa
· Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan
hubungan roda-roda
· Menerapkan
prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
· Menganalisis
besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak
menggelinding dengan laju konstan
· Mendeskripsikan
besaran-besaran dalam gerak melingkar
· Menjelaskan
karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
· Menjelaskan
karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
|
|||
12
|
4.6. Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya
tentang gerak melingkar, makna fisis dan pemanfaatannya
|
· Membedakan
Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
· Menganalisis
aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari
· Menghitung
besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar
· Melaporkan
hasil percobaan dalam bentuk sketsa/gambar dan laporan sederhana serta
mempresentasikannya
· Mempresentasikan
gerak pada roda-roda
|
|||
13
|
3.7 Menganalisis interaksi pada gaya serta
hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
peragaan benda diletakkan di atas kertas kemudian kertas ditarik perlahan dan
ditarik tiba-tiba atau cepat, peragaan benda ditarik atau didorong untuk
menghasilkan gerak, benda dilepas dan bergerak jatuh bebas, benda ditarik
tali melalui katrol dengan beban berbeda
· Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
· Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyelidiki
karakteristik gesekan statik dan gesekan kinetik melalui percobaan.
· Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
· Mendiskusikan
tentang sifat kelembaman (inersia) benda, hubungan antara gaya, massa, dan
gerakan benda, gaya aksi reaksi, dan gaya gesek
· Menerapkan
hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
· Menerapkan
hukum Newton pada gerak vertikal.
· Menerapkan
hukum Newton pada gerak melingkar
|
|||
14
|
4.7 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya
terkait gaya serta hubungan gaya, massa dan percepatan dalam gerak lurus
benda dengan menerapkan metode ilmiah
|
· Mendemonstrasikan
dan atau melakukan percobaan hukum 1, 2, dan 3 Newton
· Menghitung
percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang
datar, gaya gesek statik dan kinetik
· Mengolah
data hasil pengukuran berulang
· Menyajikan
hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
· Menginterpretasi
data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
· Menyimpulkan
hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja
· Merencanakan
percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak
lurus
· Melaksanakan
percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak
lurus
· Menyelidiki
hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
· Menyimpulkan
hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
· Mempresentasikan
hasil percobaan hukum 1, 2, dan 3 Newton
|
|||
15
|
3.8. Menganalisis keteraturan gerak planet dan
satelit dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
|
· Mengamati
tentang keseimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet
melalui berbagai sumber
· Mendiksusikan
konsep gaya gravitasi, percepatan gravitasi, dan kuat medan gravitasi,
dan hukum Keppler berdasarkan hukum
Newton tentang gravitasi
· Menganalisis
hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya.
· Menghitung
resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem.
· Membandingkan
percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda.
· Menganalisis
gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler.
· Menyimpulkan
ulasan tentang hubungan antara kedudukan, kemampuan, dan kecepatan gerak
satelit berdasarkan data dan informasi hasil eksplorasi dengan menerapkan
hukum Keppler
|
|||
16
|
4.8. Menyajikan karya mengenai gerak satelit
buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan dampak yang ditimbulkannya dari
berbagai sumber informasi
|
· Mempresentasikan
tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
· Mempresentasikan
dalam bentuk kelompok tentang keteraturan gerak planet dalam tata surya dan
kecepatan satelit geostasioner
|
|||
17
|
3.9. Menganalisis konsep energi, usaha (kerja),
hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta
penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
|
· Mengamati
peragaan atau simulasi tentang kerja atau kerja
· Mendiskusikan
tentang energi kinetik, energi potensial (energi potensial gravitasi dan
pegas), hubungan kerja dengan
perubahan energi kinetik dan energi potensial, serta penerapan hukum
kekekalan energi mekanik
· Mendeskripsikan
hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
· Menghitung
besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
· Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik.
· Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial.
· Menganalisis
bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola,
gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya)
· Merumuskan
bentuk hukum kekekalan energi mekanik.
|
|||
18
|
4.9. Menerapkan metode ilmiah untuk mengajukan
gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari, yang
berkaitan dengan konsep energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi
|
· Menghitung
kerja yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah
· Menghitung
usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konservatif dan gaya
non-konservatif.
· Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang konsep energi, kerja, hubungan kerja dan
perubahan energi, hukum kekekalan energi
|
|||
19
|
3.10. Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta
hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
tentang momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta tumbukan
dari berbagai sumber belajar.
· Mendiskusikan
konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta hukum
kekekalan momentum dalam berbagai penyelesaian masalah
· Merancang
dan membuat roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum secara
berkelompok
· Memformulasikan
konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya
dalam kehidupan (misalnya roket).
· Merumuskan
hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.
· Mengintegrasikan
hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa
tumbukan.
|
|||
20
|
4.10. Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum
kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana
|
· Mempresentasikan
modifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum
· Mempresentasikan
peristiwa bola jatuh ke lantai dan pembuatan roket sederhana
|
|||
21
|
3.11. Menganalisis hubungan antara gaya dan
getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
peragaan atau simulasi getaran harmonik sederhana pada ayunan bandul atau
getaran pegas
· Mendeskripsikan
karakteristik gerak pada getaran pegas.
· Menjelaskan
hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data
pengamatan.
· Menganalisis
gaya simpangan, kecepatan, dan percepatan pada gerak getaran.
· Melakukan
percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul sederhana dan getaran pegas
· Mengolah
data dan menganalisis hasil percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan
grafik, dan menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik
getaran harmonik pada ayunan bandul dan getaran pegas
|
|||
22
|
4.11. Melakukan percobaan getaran harmonis pada
ayunan sederhana dan/atau getaran pegas berikut presentasi serta makna
fisisnya
|
· Mempresentasikan
hasi percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas dengan
peragaan
· Mempresentasikan
hasil percobaan tentang getaran harmonis pada ayunan bandul sederhana dan
getaran pegas
|
Penetapan Teknik
Penilaian
Dalam
memilih
teknik penilaian
mempertimbangkan cirri indikator,
contoh:
o
Apabila tuntutan indikator melakukan
sesuatu,
maka
teknik penilaiannya
adalah unjuk kerja (performance).
o
Apabila tuntutan indicator
berkaitan
dengan
pemahaman konsep, maka teknik
penilaiannya
adalah tertulis.
o
Apabila tuntutan indikator memuat
unsur penyelidikan,
maka teknik
penilaiannya
adalah proyek
................……., ... Juli 2019
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
………………… ……………………
NIP/NRK. NIP/NRK.