-->

Kumpulan RPP, Silabus dan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2018


RPP, Silabus dan Perangkat Pembelajaran Fisika SMK Kurikulum 2013Silahkan Download dibawah ini:

RPP, Silabus Fisika Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum 2013

RPP, Silabus Fisika Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013

RPP, Silabus Fisika Kelas 12 SMA/SMK Kurikulum 2013







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  :  SMK Kesehatan Indonesia Jaya
Mata Pelajaran                          :  Fisika
Kelas / Semester                       :  X / 1
Materi Pokok                              :  Pengukuran
Alokasi Waktu                           :  12 jam pelajaran

Kompetensi Inti   : 

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar :

1.1  Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.

1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida kalor dan optik.

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

3.1 Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)

4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah

Indikator Pencapaian :

·           Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·           Menerapkan satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
·           Mendefinisikan angka penting dan menerapkannya
·           Mampu menyiapkan instrumen secara tepat serta melakukan pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu.
·           Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
·           Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
·           Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
·           Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
·           Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
·           Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
·           Mengolah data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.

Materi Ajar  :

1.    Materi Fakta
·         Gambar/ video pengukuran besaran fisika

2.    Materi Konsep
·         Besaran fisika

Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka serta memiliki satuan

Metode Pembelajaran
·           Eksperimen
·           Pengamatan
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab
·           Penugasan

Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
o  LKS
o  Power point
·           Alat/Bahan
o  LCD
o  Laptop
o  Jangka sorong
o  Mikrometer sekrup
o  Neraca
o  Stopwatch
·           Sumber belajar
·      Buku Fisika kelas X Penerbit Erlangga

Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan 1(3 x 45 menit)

A.   Pendahuluan (20 menit)
·      Salam dan Doa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi dan motivasi
·      Apakah panjang dan kepintaran termasuk besaran fisika?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Pretest

B.   Kegiatan Inti (100 menit)

Mengamati
·      Siswa mengamati besaran fisika dalam kehidupan sehari- hari
·      Siswa diminta untuk  mengukur panjang meja dengan menggunakan jengkal setiap siswa

Menanya
·  Siswa menanyakan pengertian besaran fisika
·    Siswa menanyakan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan
·    Siswa menanyakan satuan standar internasianal untuk setiap besaran

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
·      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
·      Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian besaran, perbedaan besaran pokok dan besaran turunan 
·      Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai satuan standar beserta karakteristiknya

Mengasosiasikan
·      Siswa menganalisis besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
·      Siswa menganalisis mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)

Mengomunikasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian besaran, perbedaan besaran pokok dan besaran turunan  beserta satuan dalam Sistem Internasional

C.     Kegiatan Penutup (15 menit)
·      Bersama siswa menyimpulkan pengertian besaran fisika, besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan dalam Sistem Internasional
·      Melakukan posttest

Pertemuan Kedua(3 x 45 menit)

A.   Pendahuluan ( 20 menit)
·      Salam dan Doa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi dan motivasi
Siswa diajak berdiskusi tentang definisi pengukuran
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran


B.   Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
·      Siswa mengamati  hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengukuran (notasi ilmiah, ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)

Menanya
·      Siswa menanyakan tentang prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) dalam proses penyelidikan ilmiah
·      Siswa menanyakan aspek ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja, serta alat yang digunakan dalam mengukur

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)

·      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
·      Siswa mendiskusikan definisi pengukuran
·      Siswa mendiskusikan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) dalam proses penyelidikan ilmiah

Mengasosiasikan

·      Siswa menganalisis definisi pengukuran
·      Siswa mendiskusikan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) dalam proses penyelidikan ilmiah

Mengomunikasikan

·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai definisi pengukuran dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) dalam proses penyelidikan ilmiah


C.   Kegiatan Penutup (15 menit)

·      Bersama siswa menyimpulkan definisi pengukuran dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) dalam proses penyelidikan ilmiah
·      Melakukan posttest


Pertemuan Ketiga(3 x 45 menit)

A.   Pendahuluan (20 menit)
·      Salam dan Doa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi dan motivasi
Siswa diajak berdiskusi tentang dapatkah mengukur diameter kelereng dengan menggunakan mistar.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Pre Test


B.   Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
·      Siswa mengamati  beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, dan stopwatch) dan menemukan cara bagaimana alat tersebut bekerja/digunakan

Menanya
·      Siswa menanyakan alat ukur yang tepat untuk pengukuran panjang, massa dan waktu
·      Siswa menanyakan cara menggunakan alat ukur panjang, massa dan waktu

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)

·      Mendiskusikan cara menggunakan alat ukur, cara mebaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran
·      Mengukur diameter kelereng dengan menggunakan jangka sorong
·      Mengukur ketebalan kertas dengan menggunakan mikrometer sekrup
·      Mangukur massa benda dengan menggunakan neraca lengan
·      Mengukur waktu dengan menggunakan stopwatch
·      Menerapkan aspek ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja dalam mengukur

Mengasosiasi

·      Siswa mengolah data hasil pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta menyimpulkan hasil interpretasi data.

Mengomunikasikan

·      Siswa membuat laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pengukuran

C.   Kegiatan Penutup (15 menit)

·      Bersama siswa menyimpulkan penggunaan dan hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca dan stopwatch

Pertemuan Keempat ( 3 x 45 menit )

Ulangan harian I tentang KD 3.1 dan 4.1


Penilaian
1.    Jenis / Teknik Penilaian
·      Portofolio (Laporan hasil percobaaan)
·      observasi  Sikap
·      Performance/tes Praktik
·      Tes Tertulis ( Essay )
·      Lembar penilaian antar teman
·      Penilaian Produk

2.    Instrumen penilaian
Intrumen Penilaian Portofolio
Instrumen Penilaian Sikap
Instrumen Penilaian Diskusi
Instrumen penilaian laporan praktik menggunakan rubrik penilaian
Instrumen penilaian produk
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian
Contoh Instrumen (Terlampir)
Desember 2013
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran,         

__________________                                                        __________________.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel